Sistematika Penyusunan Proposal
“Infused.wt”
A.
LATAR
BELAKANG
Kebutuhan dalam hal kesehatan saat ini sudah menjadi pokok bahasan, ini
merupakan hal wajib yang harus diperhatikan. Tetapi, sebagian masyarakat sering
mengabaikan tentang kesehatan tubuh mereka. Salah satu dampak yang bisa kita
lihat sendiri atas kurangnya kesadaran masyarakat adalah obesitas. Atas
permasalahan tersebut, Kami membuat inovasi baru untuk mengurangi permasalahan
yang ditimbulkan oleh obesitas. Inovasi terbaru
itu ialah air putih yang ke dalamnya ditambahkan rasa dan aroma
buah-buahan segar dengan cara perendaman dan pendiaman secara bersama-sama
dalam waktu tertentu (Infused water).
B.
ANALISIS
PASAR
Semua masyarakat dari segala umur, pasti suka dengan minuman ini. Dengan
adanya minuman seperti Infused water yang dapat menghilangkan rasa dahaga dan
bisa digunakan untuk diet. Karena hampir semua kalangan masyarakat pasti pernah
dipermasalahkan oleh berat badan yang berlebih. Potensi pasar dari minuman
Infused water ini sangat besar, dan berlaku untuk semua kalangan terutama yang
ingin menjalankan progam diet.
C.
STRATEGI
HARGA PRODUK
Harga yang ditawarkan
sangat kompetitif dan bersaing, Produk kami akan dipasarkan dengan tarif Rp
3.000,- per cup. Namun, untuk lebih menarik minat agar mereka lebih menyukai
produk kita, kamipun memberlakukan tarif promosi 5000/2buah.
D.
STRATEGI
PROMOSI
Target dari penjualan Infused water ini adalah semua kalangan terutama
yang ingin menjalankan progam diet. supaya mereka tertarik untuk membelinya
promosi yang dilakukan berupa penyebaran penjualan Infused water ini di
tempat-tempat umum, seperti supermarket dan di tempat keramaian.
E. ALAT
DAN BAHAN
Bahan :
·
2 Lemon
·
1 Semangka
·
1/2kg anggur
·
Air 600ml
·
Es Batu
Alat :
o
Pisau
o
Cup
o
Sendok
o
Alat Press
o
Teko
o
F. Cara
Pembuatan
1. Cuci
Cuci semua buah dengan air sampai bersih
2.
Iris buah tipis-tipis, tapi jangan
terlalu tipis
3.
Tuang air 3L dalam teko
4.
Masukkan buah-buahan lalu tutup
wadah
5.
Setelah itu masukkan es kedalam
teko dan tunggu sampai es mencair sambil didiamkan sekitar 2 jam.
6.
Infused water siap dihidangkan
G. Aspek
Keuangan
1. Perhitungan Produksi Variable
Cost dan Fixed Cost
VARIABLE COST :
·
Buah
Lemon =
Rp. 12000 (1pcs)
·
Semangka = Rp.
5000 (1pcs)
·
Anggur = Rp. 6000 (1/2kg)
·
Air 3L (6000/18
liter) =
Rp. 1000
·
Es Batu =
Rp. 500
∑ Variable cost = Rp. 24.500
FIXED COST :
·
Pisau (15000/100 X pakai) = Rp. 150/1 X pakai
·
Sendok (3000/100 X pakai) = Rp. 30/1 X pakai
·
Alat
Press (575000 X 10thn) = Rp. 158/1 X pakai
·
Cup Mika (15x300) = Rp. 4500
·
Teko (20000/1thn) = Rp. 55
∑ Fixed cost =
Rp. 4.893
2. Total Biaya Produksi :
= Rp. 29.393
3. Menentukan Harga Jual
Total
biaya produksi = Rp. 29.393 / 15pcs
Biaya produksi/pcs = Rp.
29.393 / 15
Agar keuntungan maksimal,
kami menjualnya dengan harga 3000/pcs dan harga promo 5000/2pcs.
4. Keuntungan
Pendirian usaha ini memerlukan :
Modal awal :
Rp 29.393 / Produksi
Investasi yang diharapkan : Rp
45.000 / Produksi
Perhitungan keuntungan :
(Rp.3.000 – Rp.2.000) = Rp.1.000
Prosentase keuntungan perbuah dalam 1x produksi : 

No comments:
Post a Comment